A. Tujuan
1. Mahasiswa mampu merancang basis data melalui
tahap-tahap perancangannya.
2. Mahasiswa mampu mewujudkan hasil perancangan basis
data ke dalam diagram E-R menggunakan DBDesigner.
B. Landasan Teori
1. Landasan teori pada modul 3
1. Komputer dengan sistem operasi Windows XP
2. Program aplikasi DBDesigner
3. Modul Praktikum Sistem Berkas dan Basis Data
D. Langkah-langkah Praktikum
1. Menggambarkan E-R
diagram dengan menggunakan DB Designer :
a. Jalankan program DB
Designer
b. Klik button new
table. Kemudian klik pada area kerja sehingga akan menghasilkan tabel
baru
c. Double klik pada tabel
baru untuk membuka tabel editor, ganti nama pada table name dengan nama nasabah, kemudian
isikan atribut tabel dengan data seperti pada langkah no.2 yaitu sebagai
berikut :
d. Klik icon
diamond pada coloumn name id_nasabah untuk mengeset
id_nasabah menjadi primary key sehingga berubah
menjadi simbol kunci.
e. Klik untuk
munutup table editor sehingga tabel nasabah menjadi :
Lakukan langkah b sampai e untuk
membuat tabel rekening, cabang_bank dan transaksi.
g. Setelah semua tabel
dibuat, hubungkan setiap tabel dengan tabel lain dengan button sebagai berikut:
Keterangan : klik salah satu button
kemmudian klik tabel yang akan dihubungkan.
h. Ubah nama relationship
dengan membuka relationship editor, sehingga setelah selesai hasil akhir
menjadi seperti berikut :
E. Analisa
Hasil analisa dari percobaan diatas
dapat disimpulkan bahwa DBDesigner adalah program aplikasi yang dibuat secara
khusus untuk merancang desain database yang meliputi entitas beserta
atribut-atributnya dan relasi yang terjadi di antara entitas tersebut.
F. Tugas
Dari tugas pada modul 3 soal no.1
dan 2, buatlah rancangan basis data dari tahap 1 sampai4. Gunakan program DB
Designer untuk membuat E-R Diagram.
1. Buatlah rancangan sebuah
database untuk menangani data-data kuliah. Data-data yang akan ditanganinya
adalah: data pribadi mengenai mahasiswa, data pribadi mengenai dosen, data mata
kuliah dan data ruang kelas. Mahasiswa boleh mengambil lebih dari satu mata
kuliah, dan satu mata kuliah boleh diambil oleh lebih dari satu mahasiswa
sekaligus (joint account).
Langkah-langkah perancangan:
Menentukan entitas:
a. Mahasiswa : menyimpan semua data mahasiswa
b. Dosen : menyimpan semua data pribadi dosen
c. Mata kuliah : menyimpan informasi tentang semua mata kuliah
d. Ruang kelas : menyimpan inforamasi tentang semua ruang kelas.
2. Menentukan
attributes:
a. mahasiswa:
- NIM Mahasiswa : nomor induk mahasiswa (varchar(20)) PK
- Alamat Mahasiswa : alamat lengkap mahasiswa
(varchar(255))
- Nama Mahasiswa : nama lengkap mahasiswa (varchar(45))
b. dosen:
- kode Dosen : nomor induk kepegawaian dosen (varchar(20)) PK
-
alamat
: alamat lengkap dosen (varchar (255))
- Nama_Dosen : nama lengkap dosen (varchar(45))
c. mata_kuliah:
- Kode : kode mata kuliah (varchar(20)) PK
- Mata_kuliah : nama mata kuliah (varchar(45)) PK
- SKS : jumlah sks mata kuliah (integer)
d. ruang_kelas:
- kode_ kelas
: identitas kelas seperti gedung, lantai dan nomor
ruang (varchar(20)) PK
- kapasitas
: jumlah kursi atau kapasitas maksimal yang dapat
ditampung (integer)
3. Menetukan
relationship antar entitas:
Hubungan:
a. Mahasiswa mengambil mata
kuliah
- Tabel utama : mahasiswa,
mata kuliah
- Tabel kedua : mahasiswa_has_mata_kul
- Relationship : many to
many
- Attribute : NIM, kode MK
(FK NIM, kode MK di mahasiswa_has_mata_kuliah)
b. Mahasiswa dibimbing
dosen
- Tabel utama : mahasiswa,
dosen
- Tabel kedua : dosen
- Relationship : many to many
- Attribute : NIM (FK NIM,
nama di mahasiswa_has_dosen)
c. Mata kuliah menempati
ruang kelas
- Tabel utama : MK, ruang
- Tabe kedua : ruang
- Relationship : many to
one
- Attribute : ruang
(FK kode ruang di ruang kelas)
d. Dosen mengampu mata
kuliah
- Tabel utama : dosen,
makul
- Tabel kedua : makul
- Relationship : one to
many
e. Dosen menempati ruang
kelas
- Tabel utama : dosen,
ruang kelas
- Tabel kedua : ruang
kelas
- Realtionship : one to many
- Attribute : nama ruang
(FK dosen_kode
di mata_kuliah)
4. Menggambar
ER Diagram dengan menggunakan DB Designer :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar